JAKARTA, BeritaTKP.com – Komplotan penipuan bermodus hadiah uang tunai yang menyeret nama artis Baim Wong berhasil ditangkap oleh Polda Metro Jaya.

Kasus ini terungkap berdasarkan dari laporan polisi yang dilayangkan oleh artis Baim Wong dan seseorang yang berinisial WT. Total, ada dua tersangka yang ditangkap di daerah Sulawesi Selatan.

                                     Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan dalam aksinya kedua tersangka menyebarkan SMS kepada masyarakat.

“Modusnya dia kirim SMS blast ke korban secara acak, random isinya selamat nomor anda memenangkan hadiah Rp50 juta give away dari baim wong.id_anda. Ini yang dikirimkan,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (7/9).

Kata Yusri, kedua tersangka berbagoi peran dalam melakukan aksi penipuan ini. Tersangka BU berperan menyiapkan rekening untuk penampung.

Lalu tersangka H alias W berperan mengirim SMS blast kepada orang-orang secara acak dengan mengaku sebagai kru sebuah stasiun televisi swasta.

Nantinya, jika korban sudah terbuai dengan nominal hadiah yang dijanjikan, tersangka akan meminta korban mengirim sejumlah uang sebagai syarat administrasi pencairan hadiah tersebut.

“Contoh minta ditransfer untuk kegiatan administrasi, kemudian pajak pemenang asuransi, kemudian untuk liputan di TV swasta yang ada, total kerugian Rp10 juta lebih,” ucap Yusri.

Selain dua tersangka ini, polisi turut meringkus delapan orang tersangka lainnya yang juga menggunakan modus yang sama. Yakni melakukan penipuan dengan mencatut nama Baim Wong.

Delapan tersangka ini berhasil ditangkap berdasarkan laporan yang dibuat oleh Baim Wong dan AL.

“Delapan tersangka dan dua tersangka ini sama-sama dari Sulsel, tetangga, belajar otodidak, cuma lulusan SD, modus sama mengirimkan SMS blast kepada masyrakat secara acak,” tutur Yusri.

Atas perbuatanya, para tersangka dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman pidana hingga empat tahun penjara. (RED)