LUMAJANG, BeritaTKP.com – Lava pijar kembali dikeluarkan oleh Gunung Semeru. Sekitar pukul 01.30 wib Semeru kembali meluncurkan lava pijar sekitar jarak 2 KM dari arah puncak kearah Desa Besuk Kobokan, Lumajang.

Namun luncuran lava pijar tersebut masih jauh dari pemukiman para penduduk.

Data yang peroleh oleh Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 8 September 2021 pukul 24.00 WIB Gunung Semeru telah mengeluarkan letusan sebanyak 50 kali, embusan sebanyak 9 kali dan tektonik jauh 2 kali.

“Gunung Semeru mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur sejauh 1 – 2 km ke arah Besuk Kobokan,” ujar Kabid Kedaruratan Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Lumajang, Joko Sambang, Kamis (9/9/2021).

Dia menghimbau kepada para masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 KM arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara. Warga juga diimbau untuk selalu mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Semeru.

“Kepada masyarakat jangan melakukan aktivitas apapun di sejauh 5 KM di sektor lereng selatan-tenggara. Juga mewaspadai awan panas guguran, guguran lava pijar, dan lahar di sepanjang aliran sungai,” pungkasnya. (RED)