CILACAP, BeritaTKP.com – Sebuah kapal penyeberangan Pengayoman IV tenggelam saat akan menyeberang menuju ke pulau Nusakambangan, Jawa Tengah pagi tadi. Anggota Basarnas Cilacap mengatakan dua orang tewas dalam kejadian ini.

Anggota Basarnas Cilacap, Ipul, dalam video laporannya di lokasi menyebutkan tim SAR masih berada di lokasi. Dia menyebut ada tujuh awak buah kapal (ABK) dalam kapal tersebut. Dua orang di antaranya meninggal dan lima lainnya berhasil selamat.

“Masih di lokasi, untuk informasi terakhir untuk jumlah ABK ada tujuh orang. Dua orang meninggal, di RSUD Cilacap, terus lima orang berhasil selamat,” kata Ipul, Jumat (17/9/2021).

Saat ini pihaknya masih melakukan dan menunggu informasi lebih lanjut terkait manifes dari kapal tersebut.

“Ini masih menunggu informasi terakhir jumlah manifesnya,” tandas Ipul.

Untuk diketahui Kapal Pengayoman IV milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkumham terbalik kemudian tenggelam saat akan menyeberang dari Dermaga Wijayapura Cilacap menuju Dermaga Sodong Nusakambangan sekitar pukul 09.00 wib.

“Kronologinya itu menyeberang, saat di tengah-tengah antara dermaga keberangkatan Wijayapura menuju Sodong Nusakambangan, di pertengahan penyeberangan itu, angina yang menerpa sangat kencang dan langsung kapal itu terbalik,” kata Kepala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya, hari ini. (RED)