BANTUL, BeritaTKP.com – Sebuah video dari salah satu komunitas penyayang binatang menjadi viral di media sosial apakah yang berada didalam video tersebut???. Dalam video yang viral tersebut terlihat si perekam video meminta tolong adanya penjagalan anjing di Kapanewon Pundong, Bantul. Polisi pun langsung menelusuri ke lokasi dan mengevakuasi belasan ekor anjing-anjing malang itu.

Berikut isi caption dalam postingan Ron Ron Dog Care Jogja (RRDC) lewat akun Instagram @rrdcjogja: Seorang teman kami tak sengaja memergoki tempat penjagalan anjing di dusun Srihardono RT 02, Desa Piring, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul tolong siapapun yang mempunyai akses ke kepolisian atau satpol PP atau dinas peternakan atau pemerintah daerah tolong membantu kami menolong mereka kami juga berusaha menghubungi pihak pihak terkait meski hari ini hari minggu, semoga bisa dibantu.

Terkait hal ini, Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari mengatakan awal mula diamankannya belasan ekor anjing itu dari postingan medsos hari Minggu (19/9) kemarin. Polisi lalu mendatangi TKP untuk melakukan pengecekan.

“Terus setelah itu kita kan tahu dari medsos dan dari polsek ke sana, lidik dan ternyata betul. Jadi itu tempatnya di Pedukuhan Piring, Kalurahan Srihardono,” kata Yosephine, Senin (20/9/2021).

Dari penelusuran, lokasi tersebut memang menjadi tempat penjualan daging anjing yang dikelola oleh seorang pria yang berinisial BJ. Polisi bersama Ron Ron Dog Care Jogja mendatangi lokasi tersebut untuk mengamankan anjing-anjing yang saat itu kondisinya terbungkus didalam karung.

“Yang jualan anjing itu namanya Pak Bejo. Dia jualan daging anjing. Setelah sampai sana ada sebanyak 11 ekor anjing remaja dan 7 ekor anjing yang masih anak-anak yang diamankan,” ucapnya.

“Terus di sana datanglah Mas Victor di sana, Mas Victor ini pecinta anjing dan bagusnya dia memberi saran ke Pak Bejo agar tidak menjagal anjing-anjing lagi,” lanjut Yosephine.

Namun, BJ menimpalinya dengan ingin mendengar solusi dari anggota RRDC Yogya tersebut. Akhirnya terjadi diskusi yang berujung dengan Bejo mau menyerahkan belasan ekor anjing yang hendak dijagal olehnya.

“Pak Bejo juga bagus menanggapinya dan meminta solusi, dan dikasih solusi mas Victor. Solusinya diganti Rp 25 ribu per kilogram dan pak Bejo janji akan berjualan hewan-hewan peliharaan, tidak akan jualan daging anjing lagi,” ucapnya.

Anggota RRDC Yogya Victor Indrabuana mengatakan setelah mendapatkan video tersebut kemudian mendatangi lokasi kejadian. Sebelumnya dia meminta bantuan pihak kepolisian untuk melakukan mediasi dengan pemilik rumah jagal tersebut.

Anjing-anjing yang ditemukan didalm rumah jagal di Bantul.

Sesampainya di rumah tersebut, Victor mendapati belasan anjing dalam kondisi yang mengenaskan. Tubuh anjing-anjing itu terbungkus karung dengan kepala di bagian luar karung.

“Bahkan sebagian anjing, mulutnya diikat tali. Hasilnya satu anjing dewasa yang sudah lemas, katanya sudah empat hari diikat mulutnya dan tidak diberi makan,” ujarnya.

Victor menyebut mediasi dengan pemilik rumah jagal tidak berlangsung lama. Setelah diberi penjelasan, penjagal yang beroperasi sejak tahun 1990 itu bersedia menyerahkan anjing-anjing tersebut.

“Kami berikan pengertian, supaya tidak lagi menjagal anjing. Daging yang diperjualbelikan kan harus sesuai dengan undang-undang, termasuk kesehatan hewan,” katanya. (RED)