Situbondo, BeritaTKP.com – Pemilik nomor ponsel / WA : +62895336630045 dan pemilik nomor Rekening BANK MANDIRI 1700003587924 atas nama HAERUL AMRI diduga kuat pelaku kejahatan penadah dari penipuan yang bermodus Donatur  terhadap Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN) yang saat ini sedang menggalang Donasi untuk Arif Ariyanto korban bencana alam rumahnya roboh rusak total.

Penipu tersebut dengan memberikan gambar foto tanda bukti tranfer palsu berupa struk palsu dari berbagai Bank dan Screen Shoot bukti tranfer palsu dari kamera handphonenya yang seakan – akan ditujukan ke rekening LPLH TN.

Kemudian Penipu pemilik nomor Handphone +62895336630045 meminta agar bagi hasil untuk ditranferkan ke Nomor Rekening Mandiri 1700003587924 milik Haerul Amri secara bertahap setelah penipu tersebut mengirimkan photo tanda bukti donasi palsunya yang ngakunya sebagai komunitas penyalur donasi dari berbagai donatur. Minggu (26/9/2021).

Awalnya Pengawas LPLH TN, Ilham Fahruzi tidak mencurigai dari gambar photo struk dan screen shoot palsu tersebut yang dikirim oleh penipu melalui nomor WAnya +62895336630045  dikarenakan penipu tersebut dikira adalah penyalur donasi dari berbagai donatur yang meminta uang jasa sehingga Pengawas LPLH TN tidak menaruh curiga dan langsung mentranferkan sejumlah uang ke penipu dengan tujuan Bank Mandiri nomor rekening 1700003587924 atas nama Haerul Amri.

Diketahui ternyata Penipu dengan modus Donatur palsu, setelah Pengawas LPLH TN, Ilham Fahruzi mengecek Buku Tabungan BRI Simpedes atas nama LPLH TN setelah diprint out  di Bank Kantor BRI Cabang Suboh di Desa Buduan, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur untuk mengetahui Saldo dari berbagai Donatur yang sudah masuk dan disaksikan oleh Ketua Umum LPLH TN, Didid Prayitno dan Bendahara Umum LPLH TN. Senin (27/9/2021) sekira pukul 13:30 WIB.

Pengawas LPLH TN yang terlanjur sudah mentranferkan uang ke penipu modus donasi tersebut akan mengambil langkah Laporan Polisi ke Polda Jatim dikarenakan menurutnya yang bisa melacak Nama dan Alamat pemilik Rekening Bank Mandiri dan Nomor Handphone adalah Tim Cyber atau ITE Polda Jatim, Dispenduk dan Bank Mandiri.

Pengawas LPLH TN, Ilham Fahruzi mengatakan, “Kalau masalah uangnya tidak seberapa besar nominalnya toh tidak sampai dua juta kok, namun yang kami laporkan nantinya ke Polda Jatim yaitu tindak pidananya yang bermodus ala Donatur untuk berikan efek jera, sebab di Polda Jatim alat pelacaknya lengkap dan canggih – canggih.” ucapnya.

(Limbat)