Yahukimo, BeritaTKP.com – Masyarakat kelompok suku yali di Yahukimo,Papua mendapatkan serangan dari suku kimyal. Atas penyerangan tersebut ada 6 orang yang menjadi korban dan meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan penyerangan terjadi di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, pada Minggu (3/10/2021) pukul 12.45 wit. Peristiwa itu juga menyebabkan puluhan orang mengalami luka-luka.

“Saat ini Korban yang meninggal dunia total ada 6 orang dan masih disemayamkan di RS Yahukimo, dimana 1 di antaranya adalah pelaku dari penyerangan. Dan untuk korban yang mengalami luka-luka sebanyak 41 orang yang sementara masih mendapat penanganan medis di RS Yahukimo,” kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/10).

Kamal mengatakan massa dari suku kimyal dengan menggunakan 2 unit mobil minibus membawa senjata tajam berupa busur panah dan parang. Menurutnya, suku kimyal yang dipimpin oleh kepala suku umum kimyal Morome Keya Busup saat itu mendatangi suku-suku yali untuk melakukan penyerangan.

Akibat peristiwa itu polisi mengamankan 52 orang terduga pelaku dalam aksi penyerangan. Sekitar seribu orang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak pun untuk sementara ikut mengamankan diri diri di Polres Yahukimo.

“Saat ada 52 orang tersangka sedang dalam proses pemeriksaan intensif penyidik Polres Yahukimo,” ucapnya. (RED)