Pasuruan, BeritaTKP.com – Anggota Resmob Suropati Polres Pasuruan Kota sedang menyelidiki pelaku kejahatan yang saat ini diduga meresahkan bagi masyarakat. Pelaku kejahatan berjumlah 9 orang.

Berdasarkan penyelidikan, tersangka sudah beberapa kali melancarkan aksi kriminal. Para tersangka itu ditangkap tidak hanya dengan satu kasus, melainkan ada beberapa kasus. Diantaranya yaitu kasus pencurian dengan pemberatan, begal motor, pencurian kabel, dan pencurian hewan ternak. Hal itu diungkapkan oleh AKBP Arman.

“Mereka beraksi di wilayah kabupaten maupun Kota Pasuruan.” Kata AKBP Arman dalam konferensi pers di Joglo Parama Satwika Polres Pasuruan Kota, Kamis (7/10/2021).

Sebagian besar pelaku berasal dari Kabupaten Pasuruan, sedangkan dua orang berasal dari Kota Pasuruan. Laporan yang diterima dari masyarakat langsung diselidiki oleh para pihak kepolisian.

“Dari tersangka ini, kami juga amankan beberapa barang bukti yang digunakan mereka saat melancarkan aksi maupun barang yang didapat dari hasil kejahatan,” jelas Arman.

Polisi berhasil menyita barang berupa 10 sepeda motor, sebuah kunci T, dua buah senjata tajam jenis pedang, dan dua buah celurit. Barang bukti itulah yang digunakan para pelaku untuk melancarkan aksi. Mereka juga tidak sekedar mengancam korban, melainkan juga tega berbuat sadis hingga bisa membuat korban terluka.

Dalam kasus pencurian disertai dengan kekerasan ini, tersangka diketahui beroperasi dengan menggunakan senjata tajam. “Memepet korban yang sedang berkendara, kemudian memaksa korban menyerahkan motornya, dan tidak segan melukai korban.” imbuh AKBP Arman.

Sedangkan para pelaku pencurian dengan pemberatan melakukan aksi dengan beberapa peralatan. Seperti kunci T, gergaji, cangkul, obeng, dan alat bantu lainnya. Sasaran mereka yakni motor, kabel, hingga hewan ternak. Para tersangka dinyatakan sudah beraksi sejak tahun 2020 yang lalu.

“Diantara 9 pelaku kejahatan ini, ada 4 tersangka residivis yang saat ini sudah kami amankan,” ucapnya. (k/red)