Bojonegoro, BeritaTKP.com – Pembangunan adalah arah yang dituju untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Salah satu parameter untuk keberhasilan suatu pemerintah adalah pembangunan infrastruktur yang memadai.

Pemerintah Bojonegoro adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang menggenjot pembangunan infrastruktur jalan yang akan menjadikan akses perekonomian masyarakat menjadi lancar. Jalan mulus dan berkualitas akan membantu memperlancar ekonomi masyarakat baik diperdesan maupun perkotaan.

Diantara pembangunan infrastruktur yang digenjot oleh Pemerintah Bojonegoro adalah peningkatan jalan poros Kecamatan Desa Jipo, Kecamatan Kepohbaru sampai ke Gunungsari Kecamatan Baureno, Bojonegoro, Jawa Timur. Jalan yang membentang yang diperbaiki sepanjang 3.800 meter dengan lebar 5 meter yang dianggarkan dengan pagu Rp. 28 Miliar.

Peran serta masyarakat untuk pengawasan penting untuk ditingkatkan, mengingat besarnya anggaran yang digelontorkan yang bersumber dari APBN maupun APBD.Peran serta masyarakat dalam pengawasan harus dilakukan mengingat pemerintah pun mengamanatkan dalam UU nomer 43 taun 2018 tentang peran serta masyarakat. Dan perlindungan hukum bagi mayarakat perorangan maupun lembaga harus didapatkan sebagaimana dengan yang dituangkan dalam UU peran serta masyarakat no. 43 tahun 2018  pasal 2 ayat 1 maupun 2e, yakni hak untuk memperoleh perlindungan hukum.

Mingu 10 Oktober 2021, wartawan berita TKP melakukan investigasi di lapang, alhasil diketahui ada ruas jalan sebagai dasar untuk pemasangan rege beton sudah retak dan hancur, akan kuatkah pemasangan rege beton tersebut.

Sementara itu Amir Fatah salah satu pegiat anti korupsi dan sebagai ketua DPD LSM komisi pengawasan korupsi tipikor (KPKTipikor) kabupaten Bojonegoro, mengungkapkan didapati pelaksana proyek pengerjaan rege beton ini mengabaikan hak-hak penguna jalan dan ini sebagai indikator mendasar soal kelalaian K3 yang seharusnya menjadi prioritas utama pelaksanaan proyek, lebih jauh dirinya mengatakan mendapat banyak informasi adanya dugaan ketidak sesuaian penggarapan, soal strous besi rangka yang tidak sesuai spek, dan adanya patah rege beton yang masih dalam proses pengerjaan.

Pihaknya akan turun mengawasi proyek jalan rege di sejumlah titik termasuk jalur Medalem hingga jalur Temayang. Ia memastikan, jika mendapatkan bukti akurat terkait indikasi main-main proyek akan membawanya ke ranah hukum dengan di backup langsung oleh tim dari Jakarta.

Sementara itu sampai berita ini tayang dinas pekerjaan umum belum ada konfirmasi apapun. (JOK)