Blitar, BeritaTKP – Kegiatan tambang galian C jenis sertu , Paser batu Bodong Alias tak berIzin Marak di wilayah hukum Polres Blitar.

Hal itu terbukti dengan adanya aktivitas tambang galian C ILEGAL milik Eko ,Rahman yang beroperasi di Dusun Sumber SARI Desa Sumber Asri kecamatan Nglegok kabupaten Blitar Jawa Timur.

Hasil Investigasi media di Lokasi tambang galian milik Eko, Rahman, tampak beroperasi 2 UNIT alat berat Oscavator merk Kobelco serta beberapa mobil Dam Trak yang sedang mengantri untuk di isi hasil tambang tersebut.

Beberapa warga Desa Sumber Asri yang berinisial HR, PMN, RD, Mengatakan seharusnya untuk melakukan kerjasama kegiatan usaha pertambangan dan penjualan komoditas tambang berupa pasir dan tanah batu Seharusnya memiliki dokumen berupa Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP), Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi, dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi, NAMUN pengusaha tambang Eko, Rahman tersebut di yakini tidak memiliki dokumen dokumen pertambangan ini

Dengan demikian kami sangat berharap Agar pihak penegak Hukum di kabupaten Blitar dan pihak penegak hukum lainya Sudi, menindak lanjuti Pengusaha tambang Ilegal yang semakin lama marak di desanya , ungkapnya

Kades Seniadi.

Kepala Desa Sumber Sari kecamatan Nglegok kabupaten Blitar, SENIADI saat di temui media ini mengatakan, bahwa Lokasi tambang yang di gali secara Ilegal oleh Eko , Rahman serta memang berada di wilayah desanya yang berbatasan dengan Desa Sempu , kecamatan Ngancar Kabupaten KEDIRI, Namun selama ini ini pihak penggali tersebut tidak pernah ada pemberitahuan kegiatan tambang ke pihak desanya sama sekali, jelasnya.

Saat di konfirmasikan KANIT Pidsus Polres Blitar melalui pesan whshap nya menyampaikan , pihak nya akan segera menindak lanjuti. (Dlg)