Jawa Barat, BeritaTKP.com – Sekelompok siswa MTs tenggelam saat melakukan susur sungai di Sungai Cileueur, Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Jumat (15/10) sekitar pukul 15.30 wib.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Para siswa yang berjumlah sekitar 10 orang ini bisa segera diselamatkan oleh warga setempat. Saat kejadian tersebut, para siswa yang berseragam Pramuka ini sedang melaksanakan kegiatan Susur Sungai.

Alfi, yang merupakan warga setempat, menjelaskan saat itu dia sedang mancing melihat sejumlah siswa sedang menyebrang sungai. Namun mereka menyebrang di bagian yang dalam dan terus bagian tengah sungai. Padahal saat itu kondisi arus sungai sedang surut.

“Saya pikir mereka bisa berenang karena nyeberang di bagian yang dalam. Tapi ternyata ada yang tenggelam. Tanpa berpikir panjang saya langsung turun untuk menolong. Tadi ada sekitar 10 orang lebih,” ujar Alfi di lokasi kejadian.

Tak berlangsung lama warga lainnya yang melihat kejadian itu langsung ikut membantu menolong siswa yang tenggelam. Bahkan menghubungi BPBD Ciamis dan PMI untuk membantu mengevakuasi para siswa tersebut.

Seluruh siswa yang tenggelam berhasil diselamatkan kemudian ada yang dibawa ke puskesmas dan RSUD Ciamis. Sebagian ada yang kondisinya baik-baik saja dan langsung dibawa ke MTs.

Erik, anggota BPBD Ciamis, membenarkan adanya sejumlah siswa MTs yang tenggelam di Sungai Cileueur. Namun beruntung berkat bantuan warga sekitar termasuk BPBD Ciamis semua berhasil ditolong.

“Tadi ada sekitar 10 orang yang tenggelam. Alhamdulillah semuanya selamat, tapi ada beberapa yang dibawa ke puskesmas dan rumah sakit,” ungkapnya. (RED)