Trenggalek, BeritaTKP.com – Ditemukan seekor ular piton sepanjang tiga meter di kandang ayam milik Sandi Mugiyanto (47) tepatnya di Jalan Pattimura, Kelurahan Ngantru, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek, pada Selasa (19/10/2021). Satuan Polisi Pamong Praja dan Kebakaran (Satpol PPK) Trenggalek langsung mengevakuasi hal tersebut.

Kasatpol PPK Trenggalek Stefanus Triadi Atmono mengatakan bahwa awalnya ia mendapat laporan dari seorang warga bernama Sandi pada pukul 03.15 WIB. Pak Sandi melapor bahwa ada ular piton di dalam kandang ayamnya serta memakan dua ekor ayam tersebut

Mengetahui hal itu, pihaknya langsung menerjunkan regu Damkar dan Satpol PP guna melakukan proses evakuasi.

“Ular piton itu lumayan cukup besar ukurannya, ada sekitar tiga meter. Untuk evakuasi kami menggunakan alat pencapit ular,” katanya.

Penangkapan ular berjenis Malayopython reticulatus itu berlangsung sekitar setengah jam. Setelah berhasil diamankan, ular piton tersebut langsung dievakuasi dan dibawa ke kantor Satpol PP. Ular tersebut juga diduga sering memangsa ternak ayam milik warga lain.

“Sekarang ularnya masih di kantor, rencananya ular ini akan kami lepas liarkan di hutan yang jauh dari permukiman warga,” imbuh Triadi. (k/red)