Surabaya, BeritaTKP.com – Kabar baik bagi wilayah Jawa Timur karena situasi Covid-19 yang kini sudah mulai menurun angka kasusnya.

Di Jawa Timur, wilayah yang masuk level 1 PPKM mengalami penambahan. Dari yang awalnya hanya di Kota Blitar, kini bertambah menjadi 5 kabupaten/kota. Begitu pula dengan wilayah level 2 juga mengalami perubahan. Dari yang awalnya 5 kabupaten/kota kini bertambah menjadi 9 daerah. Lalu PPKM level 3 dari 32 kabupaten/kota, kini turun menjadi 24 kabupaten/kota.

Perpanjangan PPKM sampai tanggal 8 November ini diatur dalam Inmendagri No 53 dan 54 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19. Aturan ini telah ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian, pada Senin (18/10/2021).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa ada sejumlah aturan yang disesuaikan seiring perkembangan COVID-19 yang terus membaik.

“Seiring dengan kondisi situasi COVID-19 yang semakin baik, ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang mulai dapat diberlakukan pada periode PPKM level ini,” kata Luhut.

Luhut menyebut situasi COVID-19 ini terus membaik. Salah satu indikatornya yakni tingkat kematian di berbagai provinsi kawasan Jawa-Bali sudah mencapai 0 pada waktu belakangan ini.

“Saat ini situasi pandemi COVID-19 terus terkendali. Kasus konfirmasi Indonesia dan Jawa-Bali masing-masing telah turun hingga 99% dari kasus puncaknya pada 15 Juli lalu,” ucapnya.

Berikut adalah daftar kabupaten/kota di Jawa Timur yang masuk kedalam daftar PPKM Level 1, 2 dan 3 :

PPKM Level 1 :
Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Pasuruan

PPKM Level 2 :
Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Batu, Kabupaten Jombang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik

PPKM Level 3 :
Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Lumajang, Kota Probolinggo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tuban, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Bojonegoro.

(k/red)