Jawa Tengah, BeritaTKP.com – Pelaku pencurian kotak amal masjid Al Barokah, Dusun Padan, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten , Jawa Tengah. Keempat pelaku tersebut berhasil tertangkap oleh CCTV saat mencongkel jendela masjid

“Keempat pelaku masuk kedalam masjid dengan cara mencongkel jendela sisi Utara. Kebetulan kotak amal berada di dalam masjid,” ungkap takmir masjid, Jumat (22/10/2021) pagi.

Heru mengatakan, pelaku masuk empat orang. Mereka mengendarai dua sepeda motor dan parkir di halaman.

“Parkir di halaman, yang dua menunggu dan yang dua mengambil uang infak. Pakai motor dua, satunya jenis matic,” sambung Heru.

Takmir masjid lainnya, Waluyo ,38, mengatakan aksi pembobolan kotak infak atau kotak amal itu terjadi pada hari Selasa (19/10) lalu. Kondisi masjid sepi karena belum masuk subuh.

“Masjid sepi sebab kejadiannya sebelum subuh pukul 03.30 WIB. Pelaku masuk halaman samping dengan motornya,” ungkap Waluyo.

Diceritakan oleh Waluyo, setelah diketahui kotak amal rusak, takmir langsung membuka rekaman CCTV. Ternyata ada empat orang pria terekam kamera yang beraksi.

“Terekam CCTV masjid, untungnya setiap Jumat kotak kita ambil. Paling Jumlahnya sekitar Rp 200.000 tapi tidak sekali ini saja, sudah berkali-kali terjadi,” papar Waluyo.

Para pelaku, sebut Waluyo, tidak mengenakan helm atau masker. Wajahnya terlihat cukup jelas tapi dirinya tidak mengenal para pelaku.

‘”Tidak pakai helm, masker juga tidak. Wajahnya terlihat tapi sepeda motor tidak begitu jelas,” jelas Waluyo.

Masjid, imbuh Waluyo, terletak di tepi jalan raya yang sangat ramai. Kasus itu sudah dilaporkan ke Polsek agar ada efek jera.

“Kita sudah laporkan ke Polsek biar segera ditangkap pelakunya karena sudah berkali-kali terjadi aksi pencurian. Kotak dicongkel, gembok juga dirusak,” sambung Waluyo.

Kapolsek Tulung, Iptu Rudi Tafi Hamdani membenarkan adanya kejadian tersebut dan sudah dilaporkan. Kasus itu masih dalam proses penyelidikan.

“Masih kita selidiki siapa pelakunya. Keterangan juga masih kita kumpulkan,” ungkap Rudi.

Aksi pencurian tersebut juga viral di media sosial sampai ke YouTube. Di grup Facebook info seputar Tulung juga memposting unggahan video tersebut terlihat jelas dua pelaku dengan santai masuk masjid dan dua orang menunggu sepeda motor. (RED)