JAKARTA, BeritaTKP.com – Mobil ToyotaVellfire hitam yang ditumpangi oleh Rachel Vennya dengan nopol B-139 RFS menjadi perhatian publik. Polisi kini turun tangan guna menyelidiki keaslian plat RFS di mobil tersebut.

Plat mobil Rachel Vennya saat datang ke Polda Metro Jaya.

Seperti yang diketahui sebelumnya,  sebelum pulang menggunakan mobil Vellfire bernopol B-139-RFS, mobil serupa jenis Vellfire warna hitam dengan nopol B-777-RVN milik Rachel Vennya tiba di Polda Metro Jaya pada Kamis (21/10) siang. Tetapi, saat pulang seusai menjalani pemeriksaan pada malam harinya, Rachel Vennya dan pacarnya, Salim Nauderer, menaiki mobil Vellfire warna hitam yang bernopol B-139-RFS.

Plat mobil Rachel Vennya dan Salim Nauderer saat pulang.

Belum diketahui apakah mobil tersebut adalah mobil yang sama atau tidak. Tapi, belakangan, para netizen mengungkapkan bahwa plat B-139-RFS itu tidak sesuai untuk peruntukannya atau dengan kata lain bukan plat untuk Vellfire tersebut.

Untuk memastikan hal ini, polisi akan melakukan pengecekan pada database kendaraan di Polda Metro Jaya. Andaikata ada penggunaan plat dobel untuk satu kendaraan, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono menegaskan hal itu sangat dilarang.

“Kalau pindah nomor ya pasti nggak boleh. Harus sesuai dengan TNKB (tanda nomor kendaraan bermotornya). Makanya saya cek dulu di komputer manajemen nomor polisi,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, Jumat (22/10/2021).

Menurut Argo, pelat nomor kendaraan tidak diperkenankan untuk dipindahkan dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Jika terbukti pelat ‘RFS’ pada mobil Vellfire warna hitam yang ditumpangi oleh Rachel Vennya itu adalah plat bodong, ada sanksi yang disiapkan dari pihak kepolisian.

“Kalau nomornya tidak sesuai, itu bisa kita tindak tegas,” ungkap Argo

Selain itu, Argo juga menjelaskan soal nopol ‘RFS’ pada mobil yang ditumpangi oleh Rachel Vennya bukan plat khusus pejabat. Pelat ‘RFS’ untuk pejabat memiliki empat angka dengan kepala angka 1 pada TNKB.

Argo mengatakan plat ‘RFS’ kini bisa dimiliki oleh masyarakat umum dengan cara dipesan. Hal ini diperbolehkan dan ada ketentuan yang mengaturnya.

“Untuk pejabat itu penggunaan RF kepala 1 dan 4 angka. Hanya kepala 1, empat angka. Jadi dia beli plat biasa cuma ala-ala biar kelihatan seperti pejabat saja. Tapi itu bisa dimiliki oleh masyarakat umum,” tutur Argo.

Seperti yang diketahui, Rachel Vennya datang ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan soal aksi kaburnya dari karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, pada Kamis (21/10). Rachel Vennya tiba di Polda Metro Jaya pada siang hari pukul 14.15 wib dan baru selesai menjalani pemeriksaan pada pukul 22.53 wib. (RED)