Tulungagung,BeritaTKP – Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH, menghadiri upacara peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Tulungagung. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Tulungagung, Jumat (22/10/2021).

Turut serta hadir dalam Upacarq Hari Santri yakni Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M., Dandim 0807 Tulungagung LETKOL INF Yoki Malinton Kurniafari, S.H., M.Tr (Han), M.I.Pol., Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung Mujiono ., S.H., M.H., Kajari Tulungagung Mujiarto, S. H., M. H, Sekda Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M. Si., Kepala Gugus Covid 19 Kabupaten Tulungagung Achmad Mugiyono, S. STP, MM, Tokoh agama dan tokoh masyarakat dan Pengurus MWC Kab Tulungagung.

Dalam upacara tersebut, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M bertindak langsung sebagai inspektur upacara. Sedangkan peserta upacara terdiri dari perwakilan para santri yang berada di wilayah Kabupaten Tulungagung serta Pasukan TNI, Polri dan Satpol PP.

Mengawali Sambutanya Bupati Tulungaagung mengucapkan “Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2021”, kepada Masyarakat Kabupaten Tulungagung, semoga peringatan Hari Santri Nasional ini bener bener membawa keberkahan bagi kita Bonus Peringatan Hari Santri kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, akibat Pandemi Covid 19 yang belum usia“Saya kembali mengingatkan dan mengajak kepada semua, agar selalu mematuhi protokol kesehatan”, ajak Bupati Tulungagung.

Kita ketahui bersama bahwa Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional“Ini merupakan salah satu wujud pengakuan Negara atas jasa para Kyai, Para Ulama dan Para Santri dalam konsistennya mengusir penjajah dari bumi Nusantara”.

Hari Santri Nasional juga dicanangkan agar para generasi penerus dapat meneladani pengorbanan dan perjuangan para santri, para kyai para pahlawan dalam memperkokoh keislaman dan keindonesiaan sekaligu “Tidak heran jika sampai saat ini kyai, ulama dan santri tetap menjadi benteng utama untuk tetap menjaga tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”.

Melalui momentum Hari Santri hari ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan.

Sementara itu Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2021 “Santri perpegang teguh pada aqidah dan nilai ajaran islam yang rahmatan lilalamin, santri tidak pernah lelah untuk menjaga kesucian hati dan akhlak yang selalu berkarya serta mendidasikan untuk Indonesia, “santri siaga jiwaraga”, ucap Kapolres Tulungagung. (Dlg)