Blitar, BeritaTKP.com – Petugas yang menjaga Lapas Klas IIB Blitar berhasil mengamankan paket sabu seberat 0,26 gram. Paket sabu yang dikemas dalam botol bekas lem itu diduga dilempar seseorang dari luar tembok lapas.

Kepala Keamanan Lapas Klas IIB Blitar, Bambang Setyawan menjelaskan bahwa petugas menemukan benda mencurigakan itu di sisi selatan Blok C2 sekitar pukul 05.00 WIB. Sisi selatan lapas ini adalah area publik, yaitu Jalan Merdeka Kota Blitar. Blok C2 ini ditempati oleh napi kasus narkoba dan kriminal umum.

Benda mencurigakan tersebut dikemas dalam botol plastik bekas lem yang dibalut dengan selotip warna hitam. Petugas kemudian bergegas mengambilnya dan menyerahkan kepada kantor lapas.

“Jadi di dalam botol bekas lem itu berisi tanah. Lalu di dalamnya kami temukan dua plastik klip berisi serbuk putih,” beber Bambang, Senin (25/10).

Penemuan itu kemudian dilaporkan ke Satnarkoba Polresta Blitar. Petugas Polresta kemudian datang dan menimbang berat dua klip serbuk putih itu, lalu mengidentifikasinya dengan alat khusus.

“Dua plastik klip serbuk putih itu beratnya 0,26 gram dan setelah diperiksa memang benar itu adalah sabu,” ucapnya.

Bambang mengatakan bahwa selain memperketat pengawasan di dalam lapas, peningkatan pengawasan juga harus dilakukan di luar lapas. Termasuk dengan rencana memasang CCTV di sisi selatan lapas.

Paket sabu diduga dilempar dari Jalan Merdeka pada malam hari atau menjelang subuh tadi. Namun, sidik jari yang menempel di bungkusan tersebut telah terhapus oleh air hujan. Sehingga petugas tidak bisa melacak siapa pelaku yang melempar paket sabu itu ke dalam lapas.

“Semalam itu kan hujan, jadi sidik jarinya terhapus air,” imbuhnya. (k/red)