JAKARTA, BeritaTKP.com – Masalah tentang plat Rachel Vennya belum berakhir sampai sekarang. Rachel Vennya dikenakan denda sebesar Rp 500 ribu lantaran mengubah warna mobilnya dari yang semula hitam menjadi putih metalik dan tidak sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan, akibat perbuatannya mengganti warna mobilnya tersebut Rachel dikenakan sanksi tilang dengan Pasal 288 ayat 1 UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Atas dasar tersebut, Argo mengatakan, Rachel akan dikenakan denda paling banyak sebesar Rp500.000 dengan dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan.

“Jadi kami hanya mengenakkan pasal terkait masalah ganti warnanya saja. Terkait dugaan ada dua mobil yang berbeda sudah diklarifikasi dan kami cocokkan, mobilnya sama cuma memang diubah warna bukan TNKB,” jelasnya dalam konferensi pers di kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, pada Selasa (26/10/2021).

Ia menambahkan, selanjutnya mobil tersebut akan disita untuk sementara waktu oleh kepolisian sebagai barang bukti penilangan.

“Karena yang kita usut adalah penggunaan kendaraan yang tidak sesuai, maka yang akan kita tahan adalah kendaraan. Bukan SIM, STNK atau buku kendaraan,” ujarnya.

Argo mengatakan, nantinya mobil tersebut akan dikembalikan kepada yang bersangkutan setelah proses persidangan selesai. Rachel dikabarkan bakal menjalani sidang tilang tersebut pada tanggal 10 November yang akan datang.

“Setelah membayar denda tentunya harus menunggu proses sidang selama 14 hari supaya kendaraan bisa diambil,” imbuhnya.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Rachel mengaku telah merubah warna mobilnya dengan melapisi sticker berwarna doff hitam. Hal tersebut juga dikatakannya telah berlangsung selama satu tahun, sejak tahun 2020 yang lalu.

“Saudari RV telah mengakui bahwa dia merubah warna kendaraan Toyota Alphard dengan nomor polisi B 139 RFS. Dimana perubahannya tidak sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang berwarna putih metalik,” tutur Argo.

Diketahui,di Polda Metro Jaya beberapa hari lalu plat mobil Rachel Vennya menjadi sorotan publik karena kedapatan menggunakan plat RFS.

Sementara berdasarkan data di kepolisian plat mobil B XXX RFS semestinya digunakan pada mobil Toyota Alphard warna putih metalik bukan hitam. (RED)