PEKALONGAN, BeritaTKP.com – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., meminta warga yang tinggal di daerah pegunungan dan perbukitan meningkatkan kewaspadaan bencana longsor. Hal ini menyusul curah hujan yang tinggi.

“Hujan di Kabupaten Pekalongan sejak dini hari hingga pagi ini masih berlangsung dengan intensitas ringan dan sedang. Cuaca seperti itu berpotensi menimbulkan bencana tanah longsor, terutama di wilayah pegunungan dan perbukitan. Untuk itu masyarakat yang tinggal di daerah tersebut diharapkan meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risko kebencanaan,” ujar Kapolres Pekalongan AKBP Arief, Selasa (21/12/2021).

Tak hanya itu saja, AKBP Arief juga mengingatkan ketika muncul retakan tanah dan terus diguyur hujan deras besar kemungkinan terjadi longsor, untuk itu warga diharapkan segera melaporkan ke desa dan diteruskan ke pihak kepolisian serta BPBD sehingga bisa dilakukan antisipasi sejak dini. Dengan antisipasi sejak dini, ketika muncul bencana tanah longsor bisa dihindari munculnya korban jiwa.

“Intinya selalu tanggap dengan kondisi lingkungan masing-masing khususnya munculnya retakan tanah di wilayah perbukitan. Dan kami minta kepada para pengemudi kendaraan jika cuaca buruk berlangsung sebaiknya berhenti dan beristirahat guna mencegah terjadi longsor maupun pohon tumbang,” ucapnya. (Anwar Tegal)