Jawa Barat, BeritaTKP.com – Seorang warga asal Banjar, Jawa Barat, yang mengaku sebagai dukun bias menggandakan uang berlipat-lipat berhasil ditangkap oleh polisi. Pelaku berinisial YS ,51, ia ditangkap usai melakukan ritual yang menewaskan dua orang warga asal Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan YS alias Abah diamankan di daerah Wonosobo, Jawa Tengah, pada Rabu (22/12) oleh anggota Sat Reskrim.

“Setelah melakukan penyelidikan akhirnya kami berhasil menangkap pelaku inisial YS alias Abah. Ditangkap di daerah Wonosobo,” ujar Wirdhanto, Jumat (24/12/2021).

Abah melarikan diri usai 2 ‘kliennya’ meninggal setelah menjalani ritual penarikan harta-benda gaib. Insiden itu berlangsung di salah satu penginapan yang berada di Pantai Santolo, Garut pada Rabu (15/12) malam yang lalu.

Saat itu, tiga orang korban yakni Ajat, Nurdin dan Dede melaksanakan ritual penarikan uang gaib yang dipimpin oleh Abah. Ketiga korban diminta untuk memakan daging domba sebanyak 1,5 kilogram sebagai syarat pertama ritualnya.

Bukannya uang yang didapat, setelah mengkonsumsi daging domba, ketiga korban malah kesakitan. Ketiganya kemudian dilarikan ke rumah sakit oleh pelaku. Ajat dan Nurdin tak tertolong dan tewas di perjalanan saat menuju ke rumah sakit. Sedangkan Dede saat ini masih kritis.

“Ketiganya bereaksi, dan akhirnya mengakibatkan korban dua meninggal dunia dan satu kritis,” katanya.

Wirdhanto mengatakan, tersangka Abah sudah mengakui semua perbuatannya. Hasil penyelidikan, ada rencana pembunuhan terhadap ketiga korban oleh Abah dengan modus ritual penarikan uang gaib.

“Pembunuhan berencana,” ujar Wirdhanto. (RED)