Blitar, BeritaTKP.com – Polres Blitar berhasil meringkus sindikat pencurian kendaraan motor (curanmor) di wilayah Kota Blitar. Pelaku yang berhasil diamankan sebanyak 3 orang, antara lain AD, NR, BZ, dan satu tersangka ML yang saat ini DPO. Mereka mengaku telah beraksi di sembilan lokasi yang sasarannya di rumah kos.

Lima lokasi berada di wilayah Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Mereka melancarkan aksinya selama bulan Oktober sampai Nopember 2021. Dan empat lokasi lainnya, berada di Kabupaten Blitar.

“Ada 14 korban yang melaporkan motor mereka dicuri. Mereka semua merupakan warga yang tinggal di rumah kos. Jadi komplotan ini memang sindikat pencurian motor spesialis rumah kos sasarannya,” terang Kapolresta Blitar AKBP Yudhi Hery Setiawan, Kamis (30/12/2021).

Modus yang digunakan komplotan ini adalah dengan menggunakan aplikasi google map untuk memetakan lokasi sasaran. Rumah kos yang sudah terpetakan menjadi sasaran selanjutnya, kemudian dipantau selama beberapa hari sebelum mereka melancarkan beraksi. Ketika situasi rumah kos dirasa kondusif, komplotan ini langsung membagi tugas ketika beraksi.

“Mereka berbagi tugas. Ada yang merusak rumah kunci motor menggunakan kunci T. Ada yang memasukkan motor curian ke mobil rental. Ada di satu lokasi, mereka mencuri dua motor,” imbuhnya.

Motor-motor hasil curian tersebut kemudian mereka setorkan kepada seorang penadah di wilayah Madura. Kepada para anggota sindikat curanmor ini, polisi menjeratnya dengan pasal 363 KUHP jo Pasal 65 KUHP. Dan Pasal 363 KUHP jo Pasal 56 KUHP. Ancamannya tujuh tahun penjara. (k/red)