SURABAYA, BeritaTKP.com – Tim uji terampil pusat latihan Glagaspur (Gladi Tugas Tempur) Kolat Koarmada II melaksanakan penilaian uji terampil Tk-1/L-1. Bertempat di KRI Makassar-590 yang sandar di Dermaga Semampir Ujung Surabaya, kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Tim Letkol Laut (P) Gunawan Hutauruk beserta 6 orang lainnya sebagai anggota tim,  Selasa (15/03).

“Sebelum pelaksanaan uji terampil Glagaspur dilaksanakan, seluruh prajurit yang terlibat diberikan bekal materi latihan. Sehingga ketika diuji oleh tim, mereka semua mengerti dan paham tentang materi tersebut, ” terang Letkol Gunawan.

Kegiatan ini lanjutnya, juga sebagai metode pembinaan kesiapan kapal dalam melaksanakan latihan dan operasional. Uji terampil ini melingkupi kesiapan personil, material, perangkat lunak, kemampuan personil dalam tugas tanggung jawab, pengoperasian peralatan dan pelaksanaan peran-peran kapal.

Ditempat terpisah Dankolat Koarmada II Kolonel Laut (P) Mulyadi berpesan, agar seluruh peserta yang mengikuti latihan mampu untuk melaksanakan penilaian uji terampil ini di KRI-Makaassar-590, sesuai dengan ketentuan yang ada baik penilaian terhadap personel, materiil maupun proses latihan itu sendiri. “Sehingga didapatkan hasil penilaian yang baik serta akurat untuk menentukan tingkat kesiapan tempur KRI dalam jajaran Koarmada II, ” tegas Dankolat Kaormada II.

Menurut Dankolat, uji terampil adalah kegaitan yang selaras dengan kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni di bidang pembinaan SDM TNI AL yang unggul, serta upaya penyelarasan doktrin , operasi latihan, dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini. (RED)