Blitar, BeritaTKP.com – Sebanyak 30 rumah warga di Blitar rusak akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Senin malam (28/3/22). Sebagian atap rumah mengalami kerusakan ringan hingga parah.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ivong Berttyanto menyebutkan, puluhan rumah warga yang rusak itu terjadi di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok. Kerusakan itu tersebar di beberapa dusun.

“Iya benar ada laporan kerusakan rumah warga. Karena memang hujan yang sangat deras semalaman,” ujar Ivong saat dikonfirmasi, Selasa (29/3/22).

Kejadian tersebut terjadi saat hujan deras disertai angin kencang.

“Ada yang roboh, ada yang rusak ringan. Ini masih data sementara. Karena sampai saat ini, kami masih mendata kerusakan lainnya,” imbuh Ivong.

Selain itu, salah satu akses jalan di Kecamatan Binangun juga sempat terganggu karena adanya pohon yang tumbang. Namun, kejadian itu langsung ditangani petugas. Sementara itu, petugas masih melakukan pendataan untuk kerusakan puluhan rumah warga.

Kepala Desa Sumberasri, Seniadi menjelaskan, kerusakan rumah terjadi di 4 RW. Yakni, RW 4,5,6, dan 7 Dusun Gambar, Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok. Kerusakan didominasi oleh atap yang roboh.

“Saat ini sedang dilakukan pembersihan secara gotong-royong,” kata Seniadi.

Selain rumah warga, ada sebuah pabrik yang juga mengalami kerusakan di bagian atap setelah terkena puting beliung. Akibatnya, atap kandang pabrik rusak dan tembok pagar pembatas roboh.

“Sementara puluhan rumah dan satu pabrik yang mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” pungkas Seniadi. (ndaa/red)