Bidan Dian : Jalankan Program Bidan Idaman

IMG-20160113-WA0008Surabaya, BeritaTkp.com – Dian Puspa Asri seorang bidan yang memiliki hati yang sangat tulus dalam membantu menolong semua pasiennya. Bertempat di depan JL. Bulak Cumpat Kulon Indah Kemuning dua Kecamatan Bulak Kelurahan Kedung Cowek, untuk meningkatkan kwalitas gizi pada balita, anak-anak dan ibu hamil dan menekan angka kematian pasca melahirkan. Puskesmas kenjeran mengirimkan perwakilannya untuk membina ibu-ibu PKK dan menerangkan manfaaat dan fungsi dari posyandu.Yang di wakili oleh seorang bidan yang akrab di panggil mbak Dian yang beprofesi sebagai seorang bidan dengan pendidikan D3 kebidanan.

Beliau sangat dikenal kebaikanya dalam menolong semua pasien. Selain menjadi Bidan Dian yang lahir tanggal 25 maret 1987, adalah seorang ibu rumah tangga yang mempunyai 2 anak, yang kini bertempat tinggal ploso 6 no25. Di rumahnya ini juga beliau buka praktek bersalin, KB, imunisasi. Meskipu tidak banyak prestasi beliau sangat di kenal di lingkungan rumahnya, karena ketulusanya dalam menolong pasiennya. Selain itu beliau juga pernah bekerja di rumah bersalin sugiarti rungkut selama satu tahun, dan 1 september masuk ke puskesmas kenjeran.

  1. KEGIATAN UTAMA
  2. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
  3. Ibu Hamil, Pelayanan yang dilakukan untuk Ibu Hamil mencakup :
  1. Penimbangan berat badan dan pemberian tablet besi yang dilakukan oleh kades kesehatan
  2. Meningkatkan kesehatan ibu hamil diselenggarakan melalui kegiatan kelompok  ibu hami
  3. Ibu Nipas dan Menyusui
  4. Penyuluhan kesehatan, ASI, dan gizi Ibu Hamil.
  5. Pemberian Vitamin A dan tablet hamil
  6. Perawatan Payudara
  7. Senam ibu nifas
  8. Pemeriksaan kesehatan Bayi dan Anak Balita
  9. Penimbangan berat badan
  10. Penentuan status pertumbuhan
  11. Penyuluhan

Pemeriksaan kesehatan sedini mungkin

  1. Keluarga Berencana (KB), Pelayanan KB di Posyandu yang dapat dilaksanakan oleh kader  adalah pemberian kondom dan pemberian pil ulangan. Jika ada tenaga kesehatan puskesmas dilakukan suntikan KB dan konseling KB. Jika tersedia ruangan da  perlatan peralatan yang menunjang dilakukan pemasangan IUD.
  2. Imunisasi, Pelayanan imunisasi di Posyandu hanya dilaksanakan apabila ada petugas Puskesmas. Jenis imunisasi yang diberikan disesuaikan dengan program, baik terhadap bayi dan balita maupun terhadap ibu hamil.
  3. Gizi, Pelayanan gizi di Posyandu dilakukan oleh kader. Sasarannya adalah bayi, balita, ibu deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, pemberian PMT, pemberian Vitamin A, dan pemberian sirup Fe. Pemberian tablet besi untuk ibu hamil dan nipas serta kapsul yudium di daerah gondok endemik.
  4. Pencegahan dan Penanggulangan Diare, Pencegahan diare di posyandu dilakukan antara lain dengan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat. (Red)

 

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda