Trenggalek, BeritaTKP.com – Ada-ada saja modus baru yang dilakukan oleh para pencuri ini. Misalnya di Trenggalek Jawa Timur. Empat orang komplotan pencuri dibekuk kepolisian setempat.

Mereka ini melakukan pencurian dengan modus penyaluran bantuan langsung tunai warga terdampak COVID-19. Keempatnya memiliki peran berbeda-beda, mulai dari pengamatan, pengantar barang, sampai eksekutor.

Hal ini diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera dalam gelar ungkap perkara di Mapolres Trenggalek, Senin (11/04/2022).

“Keempat pelaku kami diamankan di wilayah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah saat hendak mengembalikan mobil rental yang mereka gunakan untuk beraksi,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, lanjut Dwiasi, diketahui bahwa para pelaku beraksi di tiga tempat di Kabupaten Trenggalek.

“Dalam sehari ada tiga lokasi sasaran. Korbannya ada warga Desa Wonoanti, Desa Karangsoko, dan Desa Pucang Anak,” katanya.

Hasil pemeriksaan, diketahui para pelaku ini beraksi dengan peran berbeda namun saling terkoordinasi satu sama lain.

Ada yang bertugas memetakan lapangan dan mengidentifikasi calon korban yang akan disasar, sebagai sopir, hingga menyaru sebagai pegawai pemerintah untuk menyalurkan bantuan COVID-19.

Rupanya salah satu pelaku sebelumnya bekerja sebagai “sales” regulator elpiji sehingga mengetahui data pemilik rumah.

“Jadi ada dari mereka sebelumnya pernah ke sini, ke Trenggalek sehingga tahu data-data para korban saat bekerja sebagai ‘sales’ regulator elpiji,” katanya.[ndaa/red]