Kediri, BeritaTKP – Polres Kediri Kota bersama Polsek jajaran melakukan pengamanan aksi unjuk rasa mahasiswa di Kantor DPRD Kota Kediri, pada hari Senin tanggal 11 April 2022 mulai pukul 07.30 wib s.d pukul 11.30 wib.

Kegiatan dimulai, pukuk 07.30 wib, kegiatan pengamanan dimulai dengan apel persiapan pengamanan yang dipimpin oleh Kapolres Kediri Kota di Halaman Masjid Baiturohman, Jl. Mayor Bismo Kel. Semampir Kota Kediri.

Arahan Kapolres Kediri Kota “Bahwa kita disini melaksanakan tugas pengamanan giat aksi yang dilakukan oleh adik adik kita dan mungkin sepantaran anak anak kita, oleh karena itu, agar kita betugas secara humanis terhadap adik adik kita. bahwa pedoman dalam kita bertugas adalah Perkap Nomor 02 th 2011 dimana hal tersebut ada tahapan tahapan yang perlu kita lakukan pada saat bertugas. Prinsip kita dalam bertindak adalah prinsip preemtif, prefentif dan yang terakhir adalah probabilitas. Yang perlu kita antisipasi adalah adanya penumpang penumpng gelap yang berusaha masuk dalam peserta aksi yang dapat mencederai tujuan mulia dari adik adik kita yang sedang melaksanakan aksi,” katanya.

Lalu, pukul 08.00 wib, masa mulai berkumpul di titik kumpul, depan Kampus Universitas Brawijaya Kediri, Jl. Pringgodani Kel. Mrican Kota Kediri. Pukul 09.30 wib, massa mulai bergeser melalui rute : Jl. Pringgodani – – Jl. Gatot Subroto – Jl. KH. Ahmad Dahlan – Jl. Jakgung Suprapto – Jl. Syudanco Supriyadi – Jembatan Wijaya Kusuma – Jl. Mayor Bismo (DPRD Kota Kediri).

Korlap dalam giat aksi adalah Rizky Fadilah, Presma BEM UB PSDKU Kediri dengan kuat massa sekitar 50 orang dan orator Chanifan, Alfan, Putri dan Jihad.

Perlengkapan yang digunakan kendaraan roda dua 30 unit. Bendera merah putih. Bendera UB. Bendera HMI, 2 buah. Jas almamater dengan pita biru. megaphone 1 unit. spanduk bertuliskan ” Apa Kabar Pres, Pakde sehat, Pakde Haus, Haus Kekuasaan”.

Poster bertuliskan :Lagi demo #Save2tak RIP Mimin, Halo kamu yg ada disana#Save Anya# Dimiskinkan oleh Negara sendiri,Aliansi PSDKU UB Kediri, Siapa aliansi PSDKU UB Kediri, Pejabat malah turu, IKN Prov EK Pesta, NPO Molel, Jual Alat Bantu Dengar Hub: 0857707622999, Cukup Mancester United Yang Yang Carut Marut, Indonesia Jangan.

Tuntutan yg disampaikan dalam Aksi yaitu. Mega Proyek IKN, Kenaikan harga minyak dan sembako.. Kenaikan harga BBM penundaan pemilu dan 3 periode. Pukul 10.00 wib rombongan peserta aksi dari UB PSDKU Kediri tiba dan langsung menuju ke Kantor DKLH untuk memarkir kendaraan.

Awalnya, mahasiswa menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta. ikrar sumpah mahasiswa. Penyampaian Iptu Ibnu Sai (Kanit Bintibsos) “ Pada saat ini adik – adik melaksanakan aksi pesan kami agar menjaga ketertiban dalam pelaksanaan aksi, saat ini kita jalankan ibadah puasa harus saling mengerti dipancing emosi,” jelasnya.

Penyampaian Kabag Ops Kompol Abraham Sisik. ” Kami memberikan pelayanan pengayoman kepada adik kawal agar pelaksanaan penyampaian aspirasi berjalan lancar kondusif saya titip Kota Kediri agar aman kondusif, mengingat saat ini bulan puasa apabila adik adik ada yang kurang enak badan pingsan kita sedian ambulan,” ucapnya.

Orasi Chanifan. “Hidup rakyat miskin Kota, kita 1 brawijaya. kepentingan kita adalah untuk kepentingan masyarakat, tidak ada kepentingan yang lain. Ada 4 persoalan yang menjadi perhatian kita bersama, bagaimana bisa presiden membuat mega proyek akhir masa jabatan nya,” katanya.

Ditambahkan , kita semua tahu bahwa pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2024, sah saja kita melaksanakan aksi yang menolak adanya penundaan pemilu.

“Kami tidak mau berdialog dengan parlemen apapun, karena kami mosi tidak percaya kepada parlemen yang notabene adalah mendukung pemerintah, kami berharap kepada seluruh aparat keamanan polisi di kota kediri agar tetap selalu menjaga keamanan, menjaga ketertiban, tidak ada lagi upaya intervensi, tidak ada lagi upaya penekanan kepada kami, karena kami juga ingin menjaga kota kediri ini tetap tentram dan nyaman,” terusnya.

Orasi oleh Jihad. “harga BBM semakin naik, rakyat semakin sengsara, semakin miskin, Kita disini untuk memperjuangkan rakyat Indonesia dari pemerintah yang menyengsarakan rakyat, Kita disini untuk menolak penundaan Pemilu yang mana dapat menceredai konstitusi. Hari ini BBM mahal dan langka yang mana menyengsarakan rakyat,” katanya.

Orasi Alfan. “Kita takjil makan gorengan, kita butuh makan bukan hanya di kukus. ketika harga minyak dunia naek, harga minyak goreng naek, tapi ketika harga minyak dunia turun, kenapa harga minyak dunia bisa turun. harga BBM naek, pajak naik, harga minyak goreng naik, untuk membuat ibukota baru dengan menyengsarakan rakyat, mendzolimi rakyat” katanya.

Orasi Putri S “Kita sampaikan mosi tidak percaya kepada pemerintah karena harga minyak dan sembako lainnya mahal, Rakyat saat ini dimiskinkan oleh pemerintah nya sendiri. Kita disini untuk menyuarakan kebenaran dan keadilan, Kita hadir disini sebagia pembela rakyat Indonesia karena pemerintah telah menyengsarakan rakyat dengan menaikan harga BBM dan minyak serta sembako lainnya,” ucapnya.

Orasi oleh Rizky F : “Usut tuntas penimbunan dan permainan minyak goreng dll. Kami mengecam keras atas penundaan Pemilu. Kita menentang Mega proyek IKN. Kita disini untuk melakukan penolakan atas kebijakan pemerintah yang menyengsarakan rakyat atas kenaikan BBM, minyak dan bahan pangan, Pembacaan hasil konsolidasi mahassiswa UB PSDKU Kediri bersama dengan elemen mahasiswa lainnya di depan Kampus UB yang dilaksanakan pada hari Sabtu 09 April 2022,” tegasnya.

“Kepolisian selalu memberi pengayoman dan pelayanan kepada adik adik sekalian, ucapan terima kasih karena aksi dari adik adik sekalian sangat tertib, dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut. hati hati di jalan semoga selamat sampai tujuan,” kata Kabag Ops

Lalu, Pengambilan vidio, dan dokumentasi oleh mahasiswa UB PSDKU Kediri dan Ikrar Mahasiswa. Pukul 11.30 WIB , orasi selesai dan peserta aksi kembali ke tempat parkir kendaraan selanjutnya kembali ke titik kumpul. (Hmsres/Muryati)