Bandung, BeritaTKP.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung melakukan tes urine kepada para sopir bus yang berada di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, pada Kamis (14/4/2022).

Ini sebagai persiapan mejelang mudik Lebaran guna memastikan para sopir terbebas dari penyelahgunaan narkotika.

Pelaksanaan tes urine tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Mereka dipanggil satu persatu untuk dilakukan tes urine terutama yang hendak membawa penumpang baik bus antarkota maupun antarprovinsi.

Menurut Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Bandung, Saras Putri Utami, pelaksanaan tes urine rutin dilakukan menjelang mudik Lebaran.

Hal itu guna memastikan keselamatan supir yang membawa penumpang yang hendak melakukan perjalanan.

“Tes urine ini untuk memastikan mereka sehat, bebas dari penyalahgunaan narkotika. Sasarannya para sopir bus baik antarkota antarprovinsi,” kata Saras di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Kamis, 14 April 2022.

Saras menuturkan tes urine mendeteksi penyalahgunaan narkotika seperti sabu, ganja, dan ekstasi. Jika sopir positif, maka tidak diperbolehkan mengemudi bus dan membawa penumpang.

“Walaupun saat pemeriksaan kita selalu menanyakan kepada mereka yang akan melaksanakan tes urine, mereka mengkonsumsi obat apa, karena ada memang beberapa obat yang bisa menyebabkan positif saat tes urine,” sahutnya.

Hingga pukul 09.30 WIB sudah ada 20 sopir yang dilakukan tes urine. Mereka dinyatakan negatif konsumsi narkotika dan diperbolehkan mengemudi bus serta membawa penumpang. Pelaksaan tes urine akan terus dilakukan hingga momen mudik Lebaran 2022.

“Sampai sejauh ini belum ada yang positif,” ujarnya. (RED)