Surabaya, BeritaTKP.com – Tim Labfor dari Polda Jatim kini telah melakukan penyelidikan penyebab kebakaran di Tunjungan Plaza 5.

Sebanyak delapan petugas diturunkan untuk menjalankan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada Kamis (14/4/2022).

Tim tiba di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB. Segera setelah itu, tim langsung masuk lokasi dan bekerja menjalankan penyelidikan.

Kepala Bidang Labfor Polda Jatim, Komisaris Besar Sodiq Pratama, mengungkapkan penyelidikan diawali dengan pemeriksaan pada dua hall. Ini untuk menentukan dari mana pertama kali api keluar.

“Kita akan mencari dulu lokasi api pertama kebakaran tersulut api pertama di mana setelah ketemu, kedua nanti kita akan mencari barang bukti yang mendukung untuk terjadinya kebakaran ini,” ujar Sodiq.

Tim Labfor dilengkapi sejumlah peralatan memadai. Mulai dari detektor, senter, serta sejumlah perlengkapan lain.

Peralatan yang digunakan cukup lengkap mengingkat area kebakaran cukup luas. Bahkan Labfor sampai harus membagi tim menjadi dua.

“Dari barang bukti kita mencari menyusuri dulu lokasinya dari rambatan api dari mana, nanti kita tahu kebakaran api dari mana,” jelas Sodiq.

Pasca kebakaran yang terjadi Rabu (14/4/2022) petang, aktivitas Tunjungan Plaza 5 terlihat sepi. Karyawan yang masih beraktivitas hari ini dialihkan untuk masuk ke dalam Mall.

Para karyawan tetap bekerja di tengah berjalannya proses penyelidikan oleh Tim Labfor. Mereka dibolehkan tetap masuk dan bekerja seperti biasa.

Salah satu security Tunjungan Plasa 5 yang tak mau disebut identitasnya mengatakan karyawan masuk seperti biasa. Bahkan aktivitas di Tunjungan Plaza 1 dan 2 berjalan normal seperti biasa.

“Karyawan masuk seperti biasanya, hanya saja mereka masuk tidak lewat pintu TP 5. Barusan itu tadi karyawan Sogo mereka kami arahkan masuk lewat pintu lain,”ungkapnya.

Sementara itu Sari, salah satu karyawan di tenan Tunjungan Plasa Surabaya pun masuk seperti biasa sesuai dengan intruksi atasannya.

“Ya kita masuk seperti biasa,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya kompleks pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, Jawa Timur, mengalami kebakaran hebat pada Rabu sore kemarin. Pengelola menyebut, titik api diduga berasal dari TP 5. (RED)