DIY, BeritaTKP.com – Tiga orang telah ditetapkan sebagai tersangka pada kasus mahasiswa di perguruan tinggi Yogyakarta yang tewas karena dibakar. Korban bernama Dimas Toti Putra (21) yang tewas dibakar oleh temannya sendiri.

Ketiga tersangka adalah Japa Riga Itqan Palawera (21), warga Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Alfian Nur Hardianto (22) warga Mergangsan, Kota Yogyakarta, dan Muhammad Zikril Hakim (21), warga Way Kanan yang berdomisili di Jalan Kaliurang, Sleman.

Japa dan Alfian sudah diamankan sejak Minggu (24/4/2022) kemarin. Sedangkan Zikril, masih dalam perjalanan diantar orangtuanya dari Lampung menuju Yogyakarta.

“Dua pelaku mahasiswa, satu DO yaitu AN (Alfian),” kata Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Mapolresta Yogyakarta, Selasa (26/4/2022).

Sosok Japa diduga memiliki peran sentral dalam kasus ini. Sementara dua tersangka lainnya dugaannya ikut membantu melakukan aksi Japa.

Ade memastikan permasalahan ini disebabkan oleh persoalan knalpot milik seseorang berinisial F yang dititipkan di kediaman korban.

Selain itu ada dugaan aksi penganiayaan lainnya terhadap sosok berinisial A yang turut memicu aksi Japa.

“Para pelaku ini sebelumnya juga minum-minum di rumah pelaku (Japa). Minum anggur merah satu botol, kemudian tersangka Japa mengajak dua orang rekannya ini ke rumah korban,” ucap Ade.

Polisi sejauh ini masih mendalami keterangan para pelaku, termasuk korban yang belum bisa diperiksa lebih jauh karena kondisinya belum stabil. Ia menderita luka bakar 80 persen dan harus mendapatkan perawatan intensif di RSUP Dr Sardjito.

Ketiga tersangka dijerat pasal berlapis. Yakni, Pasal 355 KUHP ayat (1) subsidair Pasal 354 ayat (1) KUHP subsidair Pasal 170 KUHP jo Pasal 55 KUHP jo Pasal 56 KUHP jo Pasal 221 KUHP.

Pasal 56 dan 221 dikenakan lantaran ada dugaan Alfian dan Zikril turut membantu aksi pelarian dan persembunyian Japa dari kejaran petugas.

Diberitakan sebelumnya, nasib tragis menimpa seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Kota Yogyakarta bernama Dimas Toti Putra (21). Dia menderita luka cukup serius diduga akibat dibakar oleh rekannya sendiri.

Peristiwa ini terjadi di kediaman korban, Mergangsan, Kota Yogyakarta, pada 23 Maret 2022 malam.

“Terduga pelaku teman (korban), sudah kenal akrab,” kata Kapolsek Mergangsan Kompol Rachmadiwanto saat dikonfirmasi, Jumat (22/4/2022).

Rachmadiwanto menjelaskan, insiden ini berawal dari cekcok antara Dimas dan salah satu orang dari tiga rekannya yang mendatangi kediamannya saat itu. Pelaku kala itu sempat menanyakan keberadaan knalpot kepada korban sebelum pertikaian terjadi.

Salah satu dari tiga orang itu lantas menyiram bensin ke arah Dimas. Api kemudian tersulut dan membakar tubuh korban. (RED)