Semarang, BeritaTKP.com – Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Berdasarkan laporan polisi, kecelakaan beruntun yang terjadi pada Rabu, 27 April 2022 dini hari itu memakan korban jiwa. Dua orang dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan tujuh kendaraan tersebut.

Kanit Kecelakaan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang AKP Adjie Setiawan mengatakan kecelakaan tersebut melibatkan sebuah truk kontrainer, lima mobil, dan satu sepeda motor.

Menurutnya kronologi peristiwa tersebut berawal dari truk kontrainer tangki LPG bernomor polisi L 8790 UE melaju dari arah Ungaran menuju Kota Semarang. Dari keterangan saksi, Adjie mengatakan bahwa laju dari truk kontrainer itu tidak wajar saat berada di jalanan yang menurun.

“Dari keterangan saksi, truk melaju dengan tidak wajar di jalan menurun itu,” kata Adjie.

Truk tersebut oleng dan kemudian terguling ke kiri hingga akhirnya menghantam dua mobil dan satu sepeda motor. Adjie menjelaskan kepala truk yang terguling tersebut bahkan sampai melewati pembatas jalan hingga menabrak tiga mobil lain dari arah yang berlawanan.

Lebih lanjut Adjie menyebutkan kedua korban jiwa yang meninggal dunia itu ialah pengemudi truk kontrainer dan juga salah satu pengemudi mobil.

Insiden tersebut selain memakan korban jiwa, terdapat pula enam korban yang mengalami luka-luka.

Selama proses evakuasi, truk kontrainer yang terguling membutuhkan waktu beberapa jam, yang mengakibatkan arus jalur utama Unggaran diberlakukan sistem contra flow.

Tahun-tahun sebelumnya juga sempat terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan sebuah truk trailer dan beberapa mobil lainnya di jalur Pantai Utara Jawa Tengah di Kawasan Tambak Aji Semarang.

Kecelakaan tersebut bermula ketika truk trailer melaju dari kawasan pabrik di daerah Tambak Aji dengan kondisi jalan yang menurun, diduga mengalami ganguan rem.

Menurut saksi mata Apriansyah (28) mengatakan bahwa truk tersebut hilang kendali saat berada di jalan yang menurun, dan sopir truk membanting setir ke arah kiri hingga menabrak APV yang sedang melaju.

“Jalannya menurun lalu banting kemudi ke kiri,” kata Apriansyah.

Sebelumnya ia menuturkan, truk tersebut juga sempat menabrak pengendara sepeda motor hingga terjatuh ke selokan.

Insiden tersebut membuat kemacetan parah yang terjadi dari kedua arah Jalur Pantura saat petugas mengevakuasi truk serta muatannya.(RED)