Manado, BeritaTKP.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut) mengajukan usulan sebanyak 574 narapidana untuk mendapatkan remisi Lebaran. Dari total tersebut, dipastikan tidak ada narapidana kasus tindak pidana korupsi.

”Kami masih menunggu persetujuan dari pemerintah pusat berapa banyak warga binaan yang akan disetujui untuk mendapat remisi Lebaran dari 574 orang tersebut. Khusus terpidana Tipikor tidak diusulkan. Tapi, terpidana trafficking dan narkoba masuk dalam usulan,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), Haris Sukamto, di Manado, Rabu, 27 April 2022.

Menurutnya, Kanwil Kemenkumham Sulut telah melaksanakan pembinaan narapidana sesuai dengan arahan Menkumham dan Dirjen Pemasyarakatan. Total saat ini jumlah narapidana di Sulut berjumlah 2.551 orang.

”Mudah-mudahan Hari Bakti Pemasyarakatan ini lebih membangkitkan semangat untuk membimbing, mendampingi, mengarahkan warga binaan kembali ke masyarakat membangun bangsa. Sesuai dengan tema pemasyarakatn pasti dan berahlak menuju Indonesia maju,”ujarnya.

Haris menambahkan, tema ini sangat erat kaitannya dengan perjuangan jajaran pemasyarakatan dalam rangka mewujudkan warga binaan di seluruh Indonesia ke depan lebih baik memanusiakan manusia, sesuai dengan arahan Menteri Hukum dan HAM. (RED)