Jakarta, BeritaTKP.com – Sebanyak 80 unit armada bus mudik gratis hari ini diberangkatkan dari Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

Dari jumlah tersebut, ada sekitar 3.000 warga Kota Tangerang yang mengikuti event mudik gratis 2022 kali ini.

Di lokasi, Kamis (28/4/2022) pukul 09.34 WIB, Direktur Angkutan BPTJ Tatan bersama Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah secara simbolis melepas keberangkatan bus yang menuju Jawa Tengah. Pelepasan secara simbolis oleh keduanya dilakukan dengan mengibarkan bendera secara bersama-sama.

Tatan menyebut ada 80 bus dan 3.000 warga Tangerang yang memanfaatkan program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini. Ia mengungkapkan bahwa setiap armada yang diberangkatkan diseleksi terlebih dahulu.

“Sebanyak 80 armada bus dengan sekitar 3 ribu penumpang. Semua kendaraan di-ramp check supaya aspek keselamatan diperhatikan. Jadi yang layak jalan boleh berangkat. Hari ini ada yang nggak layak jalan tapi minta ganti,” katanya kepada wartawan di lokasi, Kamis (28/4/2022).

Selain ramp check kendaraan, Tatan Rustandi menyebut sopir yang membawa armada bus mudik gratis ini juga melalui seleksi ketat. Ke-80 bus tersebut menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

“Karena bus yang kita gunakan seleksi pramudinya juga harus betul-betul memiliki edukasi mengemudi yang baik berkeselamatan udah booster. Dari Poris Plawad 80 bus tujuan Jabar, Jatim, dan Jateng,” tambahnya.

Ia membeberkan, dari program mudik gratis ini, Jawa Tengah menjadi tujuan terbanyak pemudik. “Paling banyak Jawa Tengah, Solo dan Klaten, dan ini karena masyarakat pemudik bisa melalui online nanti pulangnya juga akan disediakan oleh Kemenhub. Tapi yang menyelenggarakan mudik ini tidak hanya kementerian, tapi juga ada mitra lain,” ucapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Arief mengucapkan terima kasih karena kuota mudik gratis di wilayahnya ditambahkan. Ia menuturkan awalnya kuotanya hanya 1.200 penumpang, tetapi kemudian ditambah menjadi hampir 3.000 penumpang. (RED)