BANYUWANGI, BeritaTKP.com –  Sebanyak 203 ribu jiwa telah menyeberang dari Pulau Jawa menuju ke Pulau Bali. Arus balik lebaran 2022 di pelabuhan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang, Banyuwangi terpantau padat lancar.

Arus balik diprediksi akan semakin panjang di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi hingga sepekan ke depan. Kapolresta Banyuwangi Kombes Nasrun Pasaribu yang menyatakan itu. Sebabnya, belum semua pemudik dari Bali dan NTB kembali ke perantauan.

“Diperkirakan akan semakin panjang arus balik lebaran. Mungkin seminggu lagi baru kelar jumlah pemudik dalam arus balik,” ujarnya, Minggu (8/5/2022) kemarin.

Meski hari ini telah dinyatakan bahwa puncak arus balik, para pemudik yang akan kembali ke perantauan ke pulau Bali baru sekitar 65 persen. Sebanyak 35 persen sisanya belum kembali.

“Masih 65 persen yang sudah kembali ke perantauan,” tegasnya.

Data dari PT Indonesia Ferry ASDP Cabang Ketapang, ada 203.102 penumpang yang menyeberang ke Bali. Roda 2 sebanyak 18.619 unit, roda empat 27.177 unit, dan sebanyak 1.378 bis menyeberang Selat Bali.

Sementara, sebelum lebaran kemarin, arus mudik dari perantauan yang menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali sebanyak 302.205 jiwa.

Mereka membawa 48.005 unit kendaraan roda dua; 32.929 unit kendaraan roda empat dan 2.467 unit bis.

“Per hari ini, kami telah menyeberangkan 43.324 jiwa, roda dua 5.469 unit, roda empat 5.604 unit, dan Bis 214 unit,” jelasnya.

Sampai saat ini, kondisi pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi ramai lancar. Dari pantauan dilokasi kendaraan masih didominasi oleh roda dua dan roda empat.

Antrean kendaraan itu di areal parkir Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi hanya sebentar saja. Mereka menyeberang dengan kapal-kapal tujuan Jawa-Bali.

Terdapat 32 kapal penyeberangan yang melayani penyeberangan. Bongkar muat kapal dibatasi hanya 28 menit per kapal saat sandar di Pelabuhan ASDP Ketapang.

“Rekayasa lalu lintas terus kami lakukan. Tentu jika diperpanjang hingga seminggu, kami siap melayani penyeberangan ini hingga seminggu ke depan,” pungkas Kombes Nasrun. (Din/RED)