Jayapura, BeritaTKP.com – Sebuah sepeda motor model sport yang terparkir dalam garasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua yang berada di Jalan Gerilyawan, No 46, Kamkey, Jayapura, ditemukan terbakar.

Direktur LBH Papua Emanuel Gobay mengatakan, pihaknya mendapatkan keterangan dari warga sekitar yang menduga kejadian tersebut disengaja oleh orang tidak dikenal.

“Staf LBH Papua juga mendapatkan keterangan dari dua orang warga yang sempat melintas di depan Kantor LBH Papua sebelum terjadinya kebakaran motor di dalam garasi mobil kantor LBH Papua. Sempat lihat ada satu orang mengunakan sweater hitam bertopi lengkap dengan masker lari keluar dari lingkungan kantor LBH Papua dan langsung naik motor terus pergi,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin, 9 Mei 2022.

Dia menjelaskan, pemilik sepeda motor memarkirkan kendaraannya pada pukul 00.00 WIT. Kemudian pada pukul 04.00 WIT, terdengar suara ledakan yang berada dari garasi dan terlihat juga kobaran api dari sepeda motor.

Staf LBH Papua dan warga sekitar yang melihat langsung memadamkan api dengan air. Setelah itu sepeda motor yang terbakar dibawa keluar garasi agar api tidak menjalar ke mana-mana.

“Setelah api dimatikan, staf LBH Papua melihat kondisi motor yang terbakar ternyata tangki motornya tidak meledak,” kata Gobay.

Ketika diperiksa, di sekitar tempat kejadian perkara, ditemukan adanya sumbu dengan baru minyak tanah. Kemudian, kata Gobay, didapati juga sisa bensin di dalam sebuah plastik.

Berdasarkan kondisi, bukti, dan keterangan warga sementara yang didapatkan, diduga kuat penyebab kebakaran tersebut disengaja oleh orang yang berniat buruk.

“Dugaan kuat penyebab kebakaran motor dalam garasi mobil kantor LBH Papua merupakan perbuatan orang terlatih yang memiliki niat buruk dengan LBH Papua,” katanya. (RED)