Surabaya, BeritaTKP.com – Warga Dupak Surabaya dikejutkan dengan temuan sebuah mortir. Petugas Gegana kemudian dipanggil menuju lokasi penemuan di aliran sungai Jalan Dupak Jaya Gang 2, Bubutan, Surabaya.


“Awalnya warga sekitar menemukan benda yang awalnya diduga mortir itu sekitar pukul 19.30 WIB pada hari Rabu, 11 Mei 2022 saat sedang mencari rongsokan di sungai di sekitar Jalan Dupak,” ujar Kanit Lantas Polsek Bubutan Ipda Hari Sudarsono.

Pada saat berjalan di sungai itu lah warga menginjak suatu benda yang keras. Kemudian, benda itu diangkat dari sungai.

“Lalu diangkat dan dibersihkan menggunakan air sungai,” ujarnya.

Ketika wujud aslinya sudah diketahui, warga baru menyadari bila yang ditemukan itu adalah mortir. Selanjutnya, benda itu dibawa ke rumah ketua RT 04 RW 06 Kelurahan Jepara, Bubutan.

“Lalu diserahkan kepada RT setempat, yakni Pak Arief,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Ketua RT Jalan Dupak gang 2 Arief M. Warga Dupak itu mengatakan usai mendapat laporan dan mendapati kebenaran mortir itu, ia bersama perwakilan warga sekitar melaporkan temuan itu ke Polsek Bubutan.

“Setelah dipastikan benda itu sebuah mortir, selanjutnya melapor ke Polsek Bubutan,” katanya.

Setelah menerima laporan dari warga, Pawas Polsek Bubutan, yakni Hari, mendatangi TKP bersama Jibom Gegana.

“Sekitar 20.00 WIB, polisi tiba di lokasi,” ujar dia.

Setibanya di lokasi, petugas gabungan dari Polsek Bubutan dan Gegana mengamankan TKP dan barang bukti. Selanjutnya, tim Gegana mengecek kondisi mortir.

“Setelah dilakukan pengecekan oleh tim Gegana Jibom, tim menyatakan bahwa mortir tersebut dalam kondisi masih aktif, namun pemicu mortir tersebut sudah tidak ada,” tutur Hari. (Din/RED)