Lamongan, BeritaTKP.com – Pengunjung warkop di Lamongan terkejut saat asyik menikmati kopi sembari mengobrol, tiba-tiba melintas seekor ular sanca sepanjang 2,5 meter dengan diameter sekitar sebesar paha orang dewasa. Puluhan pengunjung warkop milik Jono (51) warga Dusun Sarirejo, Desa Sukorejo, Kecamatan Lamongan Itu hanya bisa terdiam ketika ular sanca itu melintas di depan warkop yang berada di tepi jalan.

(Foto Ular Sanca ditemukan di Salah Satu Warung Warga)

“Ular itu tiba-tiba saja melintas di depan warung, dari arah sana (menunjuk ke arah semak-semak tak jauh dari warung),” kata Jono pemilik warung kepada petugas Damkar Lamongan, Kamis (12/5/2022) kemarin.

Jono juga yang mengatakan bahwa ketika ular itu melintas para pengunjung di warung itu hanya bisa terdiam memperhatikan gerak-gerik ular itu hingga berlalu tanpa ada yang berani mengusik hewan melata itu.

“Awalnya hanya seorang pengunjung yang lihat yang dengan spontan memberitahu pengunjung lainnya,” kata Jono.

Satu dari sejumlah pengunjung yang tercengang itu melaporkan keberadaan ular itu ke petugas Damkar Lamongan. Harapannya, ular itu segera dievakuasi dan tidak sampai mengancam jiwa.

“Empat orang petugas Damkar tiba di lokasi dan bergerak cepat dengan segala pirantinya untuk menangkap hewan melata tersebut,” kata Kabid Damkar Lamongan Amrih.

Ia menyebutkan para petugas Damkar Lamongan berhasil mengevakuasi ular sanca itu dalam waktu 20 menit. Sebab, ular itu bergerak hanya di sekitar warkop sehingga petugas mudah menangkapnya.

“Alhamdulillah petugas kami tidak menemui kendala apa pun saat proses evakuasi,” tandas Amrih.

Sebelumnya, 6 hari lalu, petugas Damkar juga berhasil menangkap seekor ular yang menyelinap di ruang gizi Puskesmas Sukodadi. Ular kobra yang berbisa dengan ukuran cukup besar itu berhasil diamankan.

“Kami mengimbau masyarakat agar lebih mengutamakan keselamatan jika mendapati binatang berbahaya seperti ular. Segera lapor ke petugas Damkar. Kami siaga 24 jam membantu masyarakat,” kata Amri (Din/RED)