Surabaya, BeritaTKP.com – Pemantauan dan pengecekan proses penyembelihan hewan di RPH (Rumah Potong Hewan), Jalan Pegirian rutin dilakukan Polsek Semampir.Polsek Semampir secara intensif melaksanakan pemantauan screening Sapi di RPH Pegirian dan memastikan sapi yang masuk dan disembelih adalah sapi yang betu2 sehat.

Diantaranya seperti yang dilakukan AKP ARI BAYUAJI, Bp Fajar Senin dini hari, 14-5-2022. Saat itu AKP Ari Bayuaji melakukan pengecekan bersama Bp Fajar, untuk mengantisipasi adanya sapi betina produktif diantara sapi-sapi lain yang akan disembelih.

Pemantauan terus dilakukan sampai berakhirnya proses penyembelihan, dimana saat itu dipastikan tidak ada sapi betina produktif yang ikut dilakukan penyembelihan.

Menurut Kapolsek Semampir, AKP Ari Bayuaji, pemantauan ini terus dilakukan sebagai upaya pencegahan pelanggaran hukum terkait undang-undang nomor 41 tahun 2019 tentang penyembelihan dan kesehatan hewan.

Sesuai hukum dilarang menyembelih sapi betina yang masih produktif. Karena itulah kami terus melakukan pengawasan setiap hari, agar tidak terjadi pelanggaran hukum, ujarnya. (DEVI)